Telp: 021-849 70393     SMS: 0821 1111 6498

Jembatan Mataf Selesai Dibongkar, Mekah Siap Sambut Ramadan

Ditulis pada Rabu, 01 Juni 2016 | Kategori: Seputar Haji & Umroh | Dilihat 1185 kali
Masjidil Haram kini mampu menampung ratusan ribu jemaah umrah Ramadan usai jembatan mataf ka'bah dibongkar.

Proyek pembongkaran jembatan mataf kabah telah selesai. Kini Mekah, khususnya Masjidil Haram, dipastikan menyambut ratusan ribu jemaah umrah pada Ramadan yang tinggal beberapa hari lagi.

Kantor Sekretariat Mekah telah membuat persiapan komprehensif untuk memberikan pelayanan optimal kepada para jemaah.

"Kantor Sekretariat telah membagi tugas dan tanggung jawab kepada masing-masing departemen, diharapkan mereka dapat bekerja secara berkelanjutan dan terus menjalin koordinasi antar lembaga," ujar Walikota Mekah Osama Al Bar.

Al Bar mengatakan sejumlah petugas akan dikerahkan untuk memberikan pelayanan. Mereka akan diawasi langsung oleh para pejabat dari setiap departemen.

"Rencana ini akan dibasiskan pada pengintensifan kerja, khususnya pada area-area yang sesak seperti di kawasan pusat, pusat perbelanjaan dan toko-toko serta kawasan sekitar Masjidil Haram," kata Al Bar.

Selanjutnya, Al Bar mengatakan pemerintah akan terus mengontrol badan yang telah ditunjuk dalam pekerjaan ini serta mengawasi sejumlah rumah pemotongan hewan untuk menjaga keamanan makanan bagi para jemaah.

"Total ada 11.825 pekerja, termasuk lebih dari 850 perlengkapan kebersihan, akan bekerja secara terus menerus untuk menjaga kebersihan kota. Selain itu, sejumlah stasiun transisi telah disiapkan untuk menampung sampah dari para operator yang telah dilengkapi tim pembasmi serangga untuk mencegah penyakit. Lebih dari 900 teknisi dan spesialis di lapangan akan bekerja menggunakan 1.000 alat dan mesin penyemprot," kata dia.

"Seluruh tim akan bekerja dalam dua shift, pagi dan sore, serta bekerja sepanjang waktu," ucap Al Bar.

Pada area kesehatan, kata Al Bar, sejumlah komite lapangan telah dibentuk untuk mengawasi pusat perbelanjaan dan sejumlah toko yang menjual makanan untuk memastikan makanan yang dijual telah memenuhi standar kesehatan.